rss_feed

Kampung Swastika Buana

Jl. Raya Swastika Buana No.1 Kampung Swastika Buana
Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung
Kode Pos 34156

call 082177557799| mail_outline swastikabuana871963@gmail.com

  • MADE RIMBAWA PUTRA, S.E

    Kepala Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • I WAYAN EDI CANDRA.SP.D.MM

    Sekertaris Kampung

    Belum Rekam Kehadiran
  • PUTU SUWARATNYANA, SE

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • NENGAH SUKARTA A.Md

    Kasi Kesejahteraan

    Belum Rekam Kehadiran
  • I NYOMAN TRIAWAN ANGGRIANA

    Kasi Pelayanan

    Belum Rekam Kehadiran
  • I GEDE SASTRAWAN A.MD

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • KOMANG ADI WIDIYANTA S.Kom

    Kaur Umum dan Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • KT. SADA

    Kepala Dusun Eka Sari

    Belum Rekam Kehadiran
  • WAYAN ARNATA

    Kepala Dusun Merta Sari

    Belum Rekam Kehadiran
  • NENGAH SUARDANA

    Kepala Dusun Sumber Sari

    Belum Rekam Kehadiran
  • WAYAN KAJI

    Kepala Dusun Wana Sari

    Belum Rekam Kehadiran
  • KETUT SUPARSIH

    Kordinator Team Smart Village

    Belum Rekam Kehadiran
  • KADEK WAHYU FERNANDA

    Operator Team Smart Village

    Belum Rekam Kehadiran
  • WAYAN SUTARMI

    Operator Kampung

    Belum Rekam Kehadiran
  • JUMIATI

    Staff Kampung

    Belum Rekam Kehadiran
  • I MADE ARNAWAN

    Operator Team Smart Village

    Belum Rekam Kehadiran
  • KETUT SUTAMA

    Office Boy

    Belum Rekam Kehadiran

settings Pengaturan Layar

MARI KITA BERSAMA - SAMA MEWUJUDKAN KAMPUNG SWASTIKA BUANA YANG MANDIRI,MAJU DAN BERDAYA SAING. SWASTIKA BUANA HEBAT ( Humanis Elegan Berdaya Saing, Aman, Tertib )
fingerprint
Seni Nekat Membangun Usaha sendiri By. Bapak Wayan Pancayasa, S.Kp. Ns. MKM Si Pemuda tukang ngarit

24 Apr 2021 22:30:38 809 Kali

Minggu, 25 april 2021

Reporter : Ketut Suparsih

Om swastyastu,
Om awignam astu namo sidham
Om anubadrah kerta Wiyantu wiswantah
Semoga segala pemikiran baik datang dari segala arah.

Seni nekat membangun usaha sendiri, pagi yang cerah ini kami team Smart Village Kampung Swastika Buana mengunjungi kediaman Bapak Wayan Panca Yasa,S.Kep. Ns. MKM, pagi ini Kami berkesempatan mendapatkan Cerita dan kiat - kiat sukses beliau membangun usaha atau bisnis nya Sendiri Meski di Bali semua kekurangan.

Nah ini cerita pengalaman hidup beliau..... " Si Pemuda Tukang Ngarit Si kampung Swastika Buana " 
Memiliki niat untuk memulai usaha atau bisnis sendiri tentunya membuat kamu begitu bersemangat dalam mempesiapkan segala sesuatunya. Untuk menjalankan sebuah bisnis tentu bukan hal yang mudah.

Untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis pastinya akan ada banyak tantangan serta masalah yang harus dihadapi dengan bijak. Butuh tekad dan kerja keras yang kuat untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan.

Selain itu kamu juga harus memiliki Rasa Percaya diri yang kuat untuk diri sendiri agar mampu memulai, belajar dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada sebuah tujuan.

Bagaimana Cara Mencapai Tujuan itu??? beberapa mentor bisnis saya, seperti bapak Drs.Made Bagiasa yakni Bos Besar PO.Mertasari, Bapak Ir.Ketut Pasek Bos Besar PO.Puspa Jaya, Brother KS.Arsana seorang psikolog bisnis, dan brother saya dewa hyang (alm) nyoman marpa seorang pelaku bisnis yg juga konsultan bisnis. Beliau beliau itu lah yg memotivasi dan saya jadikan motivasi dalam diri saya. Beliau beliau pernah berkata kepada saya dalam wirausaha Tentu harus dengan persiapan yang matang dan kemauan yang tinggi. Kemauan yang tinggi tapi tidakk di iringi dengan persiapan yg matang harus waspada. Jadi ada beberapa persiapan yang harus kita persiapkan dalam langkah seni nekat berwirausaha yaitu:

1. Gagasan pemikiran/Ide, Modal awal dalam memulai bisnis tentu saja adanya sebuah ide.Dimana ide ini nantinya akan menjadi sebuah pondasi dalam membangun sebuah bisnis yang sukses.
Namun idetidakakan datang begitu saja, sebab kamu perlu mengembangkan dan melatih diriiri sendiri agar kualitas diri kamu juga meningkat.

2. Kerja tanpa lelah, Kesuksesan sebuah bisnis tidak akan bisa didapatkan dengan cara yang instan. Kamu harus siap untuk kerja keras dan berkorban segala - Galanyq, mulai dari waktu, tenaga, pikiran hingga uang. Dengan begitu pastinya kemampuan kamu akan lebih terasah dan mental kamu siap untuk menghadapi berbagai tantangan.

3. Jangan mudah putus asa, Yang namanya menjalankan bisnis pasti akan naik turunnya, pasang surutnya hingga untung ruginya. Namun jangan jadikan hal tersebut sebuah halangan untuk kamu bisa meraih kesuksesan. Jadikan kegagalanmu menjadi sebuah pembelajaran.
Pastikan kamu memiliki sikap yang pantang menyerah untuk terus bangkit dan memulai kembali.

4. Buat aturan Sistem kerja, Saat kamu sudah berani untuk memulai sebuah bisnis,hal pertama yang harus kamu fokuskan adalah sistem dari bisnis itu sendiri. Dengan memiliki sistem bisnis yang baik, perjalanan lancar. Mulai dari titik ini bisnis kamu akan lebih berpotensi untuk meraih pundi-pundi keuntungan.

5.Jadikan Imposible menjadi Posible alias optimis, Berbagai hal seperti rintangan dan kegagalan yang dihadapi dalam menjalankan usaha akan terasa sangat berat dan sulit untuk dijalankan. Namun jika kamu bisa untuk selalu think positive salah satunya seperti menamkanrasa optimistis dalam diri, tentunya kamu akan bisa lebih baik untuk menghadapi segala perosalan dalam bisnis yang akan kamu kembangkan.

6.Pemikiran harus terbuka kata kerennya open minded, Dalam menjalankan
sebuah bisniskamu pastiakan menemukan banyak perubahan dan juga kondisi yang akan dihadapi, seperti tren pasar hingga hype yang seringkali berubah dengan pesatnya. Untukmenyikapi hal tersebut pastikan kamu untuk selalu berpikiran terbuka dan siap menerima masukkan (kritik/saran).Selagi baik untuk kamu, kenapa nggak kamu coba?
7. FOKUS dan Profesional, Sikap profesional wajib dimiliki setiap orang,mulai dari lingkungan perkantoran hingga lingkungan bisnis. Sikap yang profesional seperti ini akan membantukamu agar tetap fokus pada rencana yang ingin kamu lakukan untuk memajukan sebuah bisnis. Bukan hanya itu saja, sikap profesional juga bisa membuat kamu lebih tegas, lugas dan cepat dalam menghadapi setiap persoalan yang datang.

8.Eling karo sing kuoso, seimbangkan semuanya, selain dg sesama dan lingkungan tentu juga kita tdk boleh lupa dg hyang kuasa, seperti yg di ajarkan guru saya waktu SD di SD Negeri 2 Swastika Buana seperti Bapak Made suwirta S.Pd yang sekarang menjadi Ketua Adat Kampung Swastika Buana, ibunda Ketut Jati S.Pd yg kebetulan orang tua dari sekertaris Kampung Swastika Buana bapak I Wayan Edi Candra.S.Pd.MM dan ada juga ibu guru cantik dan tegas yg ikut memberi sumbangsih kepada diri saya agar menjadi anak yg disiplin, cerdas dan agamais yaitu ibu Ni Ketut Sri Widiantari.S.Pd Dan masih banyak lg ibu bapak guru saya lainnya yg tdk bsa di sebutkan satu per satu. Suksmepang banget atas bekal ilmunya yg di tanamkan sejak sekolah dasar pada diri saya. Tanpa engkau saya tdk ada artinya mungkin saat ini. buat Setiap yang kita lakukan pasti selalu ada izin dari Hyang widhi/Tuhan Yang Maha Esa. Jika kamu sudah melakukan berbagai macam usaha untuk menjalankan sebuah bisnis, jangan lupa juga iringi dengan ketekunan dengan rajin berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar jalanmu untuk meraih sebuah kesuksesan dalam berbisnis bisa lebih mudah dilakukan.

9.Perlunya dukungan Aktor dan editor di balik layar, seperti dalam penulisan artikel ini. Harus ada dukungan aktor dan editor. Hahahaaa... Mutlaknya, manusia adalah makhluk sosial. Manusia selalu butuh orang lain untuk hidup. Hal inilah yang juga berlaku di dalam dunia bisnis. Kamu perlu dukungan dari lingkungan orang-orang terdekat seperti partner bekerja terutama keluarga dan orang tua yang akan memberikan kamu banyak masukan positif dan membangun. Maka dari itu, kamu membutuhkan dukungan agar segala jenis masalah dan tantangan yang kamu hadapi akan lebih mudah untuk dilalui.

Itulah seninya berwirausaha yang harus dimiliki seorang pengusaha agar usahanya bisa sukses. Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya kamu tidak bisa hanya tinggal diam tanpa melakukan apapun. Agar tetap semangat dalam mencapai kesuksesan berbisnis, motivasi yang kuat dari dalam diri juga sangat dibutuhkan. Semakin kuat motivasinya maka akan semakin terdorong juga keinginan kita untuk mencapai kesuksesan.
Pesan penutup saya, jangan pernah lupakan jasa jasa orang yg ada disekitar kita, baik orang tua, saudara, adik, kakak, sahabat maupun tetangga. Tanpa melupakan mereka mdh”an tujuan tujuan kita bsa tercapai. Jika sdh memiliki hasil jangan lupa berbagi sesuai ajaran tat twam asi. Engkau adalah aku dan aku adalah engkau.
Salam sukses selalu
Jangan lupa bahagia dan jangan pernah berhenti berbuat baik.
Lupakan apa/siapa yg menyakitimu, tetapi jangan pernah lupa apa yg sdh pernah di beri dan di ajarkan kepadamu. 


Yuk kepoin selain beliau seorang Pegawai Negeri Sipil
Apa sajakah bisnis yg beliau lakukan .
1. Sebagai Direktur Klinik Panca Medikal Rumbia.
2. Pemilik klinik Bintang panca Medikal Seputih Banyak.
3.Pemilik Apotik Sehat Parma Seputih Banyak
4.Pemilik Kumon Seputih Banyak. 
5. Dan masih banyak bisinis yang kalau di sebutin nanti terlalu lama baca ya...hehehe

Demikian cerita Si pemuda Tukang Ngarit semoga menjadi motivasi dan dorongan spirit kita bersama, kita semua bisa sukses mulai lah dari diri sendiri, lakukan lah semua dengan penuh tanggung jawab dan penuh keikhlasan...

Om Santih Santih Om

 

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Aparatur Kampung

reorder Peta Desa

">

assessment Statistik Kampung

folder Arsip Artikel


share Sinergi Program

reorder SMART VILLAGE Provinsi Lampung

insert_photo Album Galeri

message Komentar Terkini

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Kampung

Alamat : Jl. Raya Swastika Buana No.1 Kampung Swastika Buana
Kampung : Swastika Buana
Kecamatan : Seputih Banyak
Kabupaten : Lampung Tengah
Kodepos : 34156
Telepon : 082177557799
Email : swastikabuana871963@gmail.com

reorder FROFIL KAMPUNG SWASTIKA BUANA

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2023 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,550,809,456 | Rp. 1,550,809,456
100 %
BELANJA
Rp. 1,496,623,724 | Rp. 1,496,623,724
100 %

Rp. 55,000,000 | Rp. 55,000,000
100 %
insert_chart
APBDes 2023 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Dana Desa
Rp. 1,094,492,000 | Rp. 1,094,492,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 34,017,456 | Rp. 34,017,456
100 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 416,300,000 | Rp. 416,300,000
100 %
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp. 6,000,000 | Rp. 6,000,000
100 %
insert_chart
APBDes 2023 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 863,409,649 | Rp. 863,409,649
100 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 416,826,675 | Rp. 416,826,675
100 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 61,059,000 | Rp. 61,059,000
100 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 43,728,400 | Rp. 43,728,400
100 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 111,600,000 | Rp. 111,600,000
100 %